Lawan Hoax, Forjim Gelar Pelatihan Jurnalistik di Jawa Tengah

Sukoharjo – Forum Jurnalis Muslim (Forjim) kembali menggelar roadshow pelatihan One Masjid One Journalist (OMOJ) angkatan ke-9 dan 10. Pelatihan digelar di Klaten dan Sukoharjo, Jawa Tengah.

Untuk di Klaten penyelenggaraan dipusatkan di Masjid Al Muqarrabin, Cawas, Sabtu (24/11/2018). Sementara di Sukoharjo penyelenggaraan di Islamic Center Bani Umar, Gayam, Ahad (25/11/2018).

Sekretaris Umum Forjim, Ibnu Syafaat menjelaskan kegiatan pelatihan OMOJ bertujuan untuk membekali para pemuda masjid terkait jurnalistik agar mampu memanfaatkan teknologi dan mengemas informasi yang bermanfaat untuk kepentingan dakwah Islam.

“Tentunya acara ini outputnya bukan menjadikan peserta sebagai jurnalis profesi. Tapi mengarah kan para peserta yang aktivis masjid ini mampu membentengi diri dari serbuan informasi hoax. Selain itu menjadi pengabar berita dari masjid-masjid,” ungkap Syafaat di Sukoharjo, Jawa Tengah, Ahad (25/11/2018) siang.

Baca Juga  PPP Rommy Akan Pidanakan PPP Humphrey Karena Ngotot Gelar Mukernas

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan bagaimana pentingnya memanfaatkan media sebagai alat untuk berdakwah, cara teknik menulis berita dan wawancara serta bagaimana teknik membuat video jurnalistik dakwah melalui smartphone.

Acara pelatihan OMOJ ini diikuti antusias oleh peserta yang berasal dari Klaten, Solo dan sekitarnya. Setelah pelatihan ini peserta mendapat kursus jurnalistik jarak jauh dari Forjim melalui media grup WhatsApp.

“Alhamdulilah saat ini alumni OMOJ sudah berjumlah ratusan orang. Kita terus bersilaturahmi serta berdiskusi terkait jurnalistik melalui dunia maya,” jelas Syafaat.

Pelatihan OMOJ merupakan program unggulan Forjim. Sebelumnya pelatih ini berlangsung di Lombok, Jakarta, Depok, Bandung, Tasikmalaya, dan Bogor. [] tarbawia.net

Tinggalkan Komentar Dengan Bijak ya! Terima Kasih