Nggak Nyangka, Remaja Mabuk Rebusan Pembalut Mengaku dapat Efek Mengerikan, begini rasanya

Efek “fly” atau “high” dari rebusan pembalut yang digunakan anak jalanan di Jawa Tengah ternyata mengerikan. Rata-rata para penggunanya berhenti setelah meminum untuk kedua kalinya.

Indra Dwi Purnomo, MPsi, Psikolog Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata pernah menangani remaja 14 tahun yang menenggak rebusan pembalut. Remaja itu mengaku dirinya seperti ringan dan halusinasi, namun halusinasi yang mereka alami justru mengerikan.

“Mereka menuturkan fly, kepala ringan, dan halusinasi tapi seram. Mereka sulit menuturkan kengeriannya. Mereka coba dua kali kemudian berhenti,” kata Indra saat ditemui di kantor BNNP Jateng, Jalan Madukoro Semarang, Rabu (7/11/2018).

Masih dari pengakuan para penenggak rebusan pembalut, mereka kadang mencampurnya dengan obat-obatan lain dengan asal-asalan. Bahkan pernah juga menggunakan pembalut bekas pakai.

Baca Juga  Tuntut Grace Natalie Minta Maaf, PPMI Ancam Demo Kantor PSI

“Jadi mereka merebus dan menunggunya sampai dingin kemudian diminum,” ujarnya.

Pengkosumsi rebusan pembalut itu rata-rata berusia 13 sampai 16 tahun. Mereka berkelompok antara 6 sampe 10 orang. Selain itu mereka mengaku memilih pembalut bersayap karena kabarnya khasiat “fly” bisa lebih kuat.

“Mereka mengaku efeknya mendekati efek sabu, padahal sebenarnya tidak. Dari sisi psikologis, mereka ini remaja dan sifatnya ingin coba-coba, jadi cari yang menurut mereka murah,” pungkas Indra.

“Ada juga yang pakai popok bayi,” imbuhnya.

Remaja yang mengonsumsi rebusan pembalut mengaku mengalami efek mengerikan.Remaja yang mengonsumsi rebusan pembalut mengaku mengalami efek mengerikan. Foto: Angling/detikHealth

Sementara itu Kepala Bidang Pemberantasaan (Kabid Brantas) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng AKBP Suprinanto mengatakan dari yang diketahui saat ini di Jawa Tengah pemakainya ada di Pantura Timur seperti Kudus, Pati, hingga Rembang. Namun rata-rata adalah anak jalanan.

Baca Juga  Luhut Minta Menteri Susi Tidak Tenggelamkan Kapal, Ini Jawaban Viral Gus Mus

“Fenomena ini ternyata sebelumnya sudah pernah ada di Karawang, Bangka Belitung, Yogyakarta. Di Jawa Tengah baru mulai marak,” kata Suprinarto.

Mereka menuturkan fly, kepala ringan, dan halusinasi tapi seram. Mereka sulit menuturkan kengeriannya. Mereka coba dua kali kemudian berhentiIndra Dwi Purnomo, MPsi – Psikolog Unika Soegijapranata

Temuan adanya peminum rebusan Pembalut itu, lanjut Suprinarto, merupakan hasil laporan warga. Namun BNNP tidak menangani rehabilitasinya karena sudah berada di rumah rehabilitasi dan merupakan wewenang dinas terkait.

“Pertama ketemu itu di Kudus, sekitar 3 bulan lalu. Kita kemudian meminta bantuan kepada Psikolog,” tandasnya.

Sampai kini memang belum diketahui pasti apa kandungan yang membuat pembalut bisa memabukkan. Menurut pemakai, karena gel yang terkandung dalam pembalut.

Baca Juga  WOW Nggak Nyangka! Viral, Robot Laba-laba Ini Ternyata Buatan Tunawicara Asal Purwakarta

(up/up) DETIK

Tinggalkan Komentar Dengan Bijak ya! Terima Kasih

Tinggalkan Balasan