UNIK! Beginilah Cara Nabi Sulaiman Menyelesaikan Masalah Rakyatnya

Dikisahkan seorang penggembala kehilangan domba-domba piaraannya. Di suatu hari dombanya memasuki kebun seseorang, memakan apa saja yang ada dalam kebun itu. Seluruh isi kebun habis, kalaupun ada yang tersisa kondisinya telah rusak.

Si pemilik kebun pun akhirnya mendatangi Nabi Daud untuk mengadukan masalah ini. Kemudian Nabi Daud menghakimi apa yang terjadi. Beliau meminta pemilik kebun untuk mengambil domba-domba tersebut seharga kebun yang telah rusak.

Ketika itu anaknya, Nabi Sulaiman mengetahui kejadian ini. Ia berkata,“Kalau aku yang memutuskan masalah ini, tentu tidak demikian.”

Nabi Daud lalu memanggilnya dan bertanya,“Bagaimana engkau akan memutuskan perkara kedua orang ini, wahai anakku?”

Nabi Sulaiman menghukumi keduanya dengan memerintahkan pada pemilik kebun mengambil domba-domba penggembala. Ia boleh memanfaatkannya dari apa yang dilahirkan dari domba tersebut, tetapi tidak boleh memeras susunya. Lalu si pemilik kambing mengurus kebun tersebut sampai kebun berubah seperti semula. Bila kebun telah kembali, maka domba-domba tersebut dikembalikan, sementara si pemilik kebun kembali menggarap kebun dan mengurus tanah yang menjadi miliknya.

Baca Juga  MasyaAllah... Inilah Orang Indonesia Pertama yang Jadi Imam Masjid al-Haram

Sebenarnya apa yang telah diputuskan oleh Nabi Daud adalah benar, hanya saja apa yang diusulkan dan diputuskan Nabi Sulaiman lebih unik.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari Adzkiya Ash-Shahabah karya Ahmad Muhammad Hasan, et all diterjemahkan Tahrudin Salam dkk dengan judul “Hikayat Orang-Orang Cerdik”, Januari 2005 penerbit Arafah:Solo.

Sumber: Kiblat

Tinggalkan Komentar Dengan Bijak ya! Terima Kasih

Tinggalkan Balasan