• Jum. Jun 14th, 2024

Simak ! Akibat Duduk Terlalu Lama

Bysekaiseo

Jun 11, 2024
dampak duduk terlalu lama

Perubahan teknologi yang canggih saat ini telah membuat perubahan secara signifikan terhadap pekerjaan. Manusia saat ini dimanjakan teknologi yang mempermudah setiap kegiatan mereka. Seperti layanan pesan makanan secara online yang merupakan solusi ketika sedang tidak ingin memasak. Hal ini menyebabkan manusia lebih jarang bergerak.

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan dengan komputer atau teknologi digital lainnya, yang memungkinkan kita untuk duduk di depan komputer untuk waktu yang lama. Duduk terlalu lama dapat berdampak sangat buruk pada sistem metabolisme tubuh. Bahkan duduk terlalu lama dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan resiko penyakit berat. Resiko duduk terlalu lama ini tidak hanya menyerang orang yang sering menonton tv atau malas bergerak. Namun para pekerja kantor yang bekerja dalam lingkungan sangat fokus yang menyebabkan para pekerja kantor menghabiskan lebih banyak waktu di tempat duduknya.

Beberapa Dampak Kesehatan Karena Duduk Terlalu Lama

  1. Penumpukan Lemak dan Komplikasi Pencernaan.
    Duduk terlalu lama tentu saja meyebabkan penumpukan lemak di dalam perut. Karena duduk terlalu lama membuat seseorang kurang bergerak. Hal ini menyebabkan tubuh kesulitan untuk membakar lemak sehingga lemak terus bertambah dan bertumpuk. Lemak ini membuat pencernaan menjadi tidak nyaman sehingga dapat menyebabkan sembelit, kram, kembung, dan buang gas belebihan.
  2. Masalah Postur.
    Duduk terlalu lama dalam posisi yang tidak ergonomis dapat meningkatkan resiko gangguan pada postur tubuh. Tentu saja masalah ini tidak muncul dalam waktu dekat, namun ini akan terjadi ketika dilakukan selama bertahun-tahun. Bahu tertarik ke depan, punggung melengkung, leher terasa tegang
  3. Pembekuan darah.
    Ketika terlalu banyak duduk membuat pembulu darah pada bagian kaki tidak dapat bergerak leluasa. Sehingga hal ini menyebabkan terjadinya kesemutan serta pempengkakan pada pergelangan kaki dan variese.
  4. Penyakit Jantung
    Penurunan sirkulasi darah dan metabolisme yang lambat disebab kan oleh aktivitas duduk yang terlalu lama. Darah yang mengalir didalam tubuh menjadi lambat sehingga otot tidak dapat membakar lemak kalori. Hal ini dapat menyebabkan penimbunan lemak dalam pembulu darah yang dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran darah sehingga dapat menyebabkan gangguan pada jantung.
  5. Penyakit Diabetes.
    Terlalu lama duduk membuat sistem kerja pankreas menurun. Pankreas ini berfungsi untuk menghasilkan insulin, sehingga jika duduk terlalu lama membuat produksi insulin menurun. Hal ini menyebabkan terdapat banyak gula dalam tubuh yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes jika dibiarkan terus menerus.
  6. Meningkatnya Risiko Kanker.
    Kurangnya aktivitas bergerak yang di sebabkan duduk terlalu lama dapat membuat antioksidan dalam tubuh menjadi berkurang. Sehingga dapat meningkatkan resiko kanker rahim, kanker payudara, dan kanker usus besar.
  7. Penurunan Fungsi Otak.
    Otak sangat membutuhkan oksigen serta darah yang cukup untuk melepaskan bahan kimia dalam tubuh. Namun jika duduk terlalu lama dapat menyebabkan otak tidak dapat menerima oksigen dan darah yang cukup, sehingga fungsi otak lebih cepat menurun.

Mengetahui akan dampak yang disebabkan duduk terlalu lama, maka sebaiknya kita lebih menjaga kesehatan kita dengan melakukan beberapa hal yang dapat membantu masalah tersebut. Berikut beberapa solusi yang dapat membantu :

  • Pastikan meja dan kursi milik anda sudah sesuai dengan prinsip ergonami. Hal ini dapat membantu menjaga postur tubuh anda dan mengurangi strees pada tubuh.
  • Berikan waktu istirahat yang cukup untuk anda berdiri, berjalan serta lakukan perengangan sederhana sehingga dapat membantu mengurangi kakunya otot dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Jika memungkinkan coba lah untuk bekerja sambil berdiri untuk beberapa waktu sehingga dapat mengurangi waktu anda untuk duduk.
  • Ketika ada kesibukan telepon, cobalah untuk sambil berdiri atau berjalan disekitar ruangan. sehingga anda memberikan waktu untuk merenggangkan otot atau tubuh untuk istirahat.
  • Cobalah untuk berjalan kaki atau besepeda ke tempat kerja, memanfaatkan waktu perjalanan untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan tentunya sangat bangus untuk kesehatan tubuh

Dengan menerapkan beberapa atau semua solusi ini dapat membantu mengurangi dampak negatif yang di sebabkan oleh duduk terlalu lama dan meningkatkan kesehatan anda.