• Jum. Jun 14th, 2024

Waspada! Ciri-Ciri dan Penyebab Kanker

Bysekaiseo

Jun 9, 2024
gejala kanker

Kanker merupakan sebuah kondisi yang di jadi di dalam tubuh, dimana terdapat sel-sel tubuh yang berkembang dan mengalami pertumbuhan yang abnormal. Pada umumnya sel-sel dalam tubuh akan berkembang, membagi dan mati dalam pola yang teratur. Namun kondisi kanker memiliki mekanisme pengaturan pertubuhan yang berbeda, dimana sel-sel terus berkembang dan membagi tanpa kontrol.

Hampir disemua bagian tubuh manusia dapat terkena kanker, dimana kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui proses metastasis. Ada banyak jenis kanker dan masing-masing memiliki ciri-ciri tersendiri serta cara pengobatan yang berbeda-beda.

Ciri-Ciri Kanker

  • Masalah Kulit : Perubahan warna kulit, ,bentuk tahi lalat, ukuran, munculnya bintik-bintik dalam waktu yang lama, serta luka yang tak kunjung sembuh bisa menjadi ciri-ciri kanker pada kulit
  • Masalah Buang Air Besar Atau Kecil : Perubahan dalam pola buang air besar ataupun kecil dapat menjadi tanda terkena kanker pada usus besar, kandung kemin, atau prostat. Dimana terjadi perubahan warna, kosistensi, atau terdapat darah pada urin atau tinja.
  • Masalah Pembengkakan : Benjolan atau pembengkakan yang pada bagian tubuh tertentu yang tidak normal, seperti di payudara, leher, ketiak, atau selangkangan dapat menjadi tanda terkena kanker.
  • Masalah Pencernaan : Kesulitan untuk menelan sesuatu, nyeri atau terasa penuh pada perut, gangguan pencernaan yang sudah berlangsung cukup lama, atau perubahan pada pola buang air besar bisa menjadi pertanda kanker pada saluran pencernaan.
  • Masalah Kelelahan : Mengalami kelelahan yang tidak wajar dan berkepanjangan tanpa kejelasan dari kondisi medis dapat menjadi pertanpa terkena kanker.

Penyebab Munculnya Kanker

Kanker dapat memiliki berbagai penyebab yang seringkali merupakan hasil dari kombinasi faktor genetik, paparan zat-zat berbahaya, infeksi virus atau bakteri, merokok, konsumsi alkohol berlebih, dan gaya hidup. Berikut ini beberapa penyebab kanker yang umum meliputi :

  • Merokok : Penyebab utama dari kanker paru-paru ialah merokok. Serta dapat menyebabkan kanker pada mulut, tengorokan, dan esofagus.
  • Alkohol : Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dapat memicu terjadinya peningkatan resiko kanker, terutama kanker pada mulut, tenggorokan, esofagus, hati, dan payudara.
  • Faktor Genetik : Riwayat kanker yang ada di dalam keluarga dapat meningkatkan resiko seseorang ikut terkena kanker dengan jenis yang sama.
  • Paparan Zat Berbahaya : Paparan zat-zat berbahaya seperti bahan kimia industri, radiasi UV dari sinar matahari, material asbes, dan poluton lingkungan dapat meningkatkan resiko terkena kanker.
  • Pola Hidup Tidak Sehat : Kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat, seperti makanan yang penuh olahan, makanan yang tinggi lemak dapat meningkatkan resiko terkena kanker.
  • Infeksi Virus dan Bakteri : Beberapa infeksi virus dan bakteri telah terbukti dapat menyebabkan kanker seperti infeksi Human Papollomavirus (HPV) yang menyebabkan kanker pada leher rahim.

Makanan dan Minuman Menghindari Kanker

Terkena penyakit kanker tentunya hal yang tidak di inginkan oleh setiap manusia, namun terkadang mereka lupa bahwa mereka telah melakukan hal yang dapat memicu terjadi nya kanker. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker :

  • Sayuran Hijau : Sayuran seperti bayam, kangkung, kale yang kaya akan antioksida dan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang dapat melawan kerusakan sel dan menguragi resiko kanker
  • Buah-buah Berry : Strawberry, blueberry, raspberry merupakan buah yang mengandung senyawa antioksidan yang disebut flavonoid yang telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker.
  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian : Kacang almod, kacang kenari dan biji-bijian seperti biji labu, biji bunga mata hari mengandung fitokimia, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu melawan kanker.
  • Ikan Berlemak : Lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salbon, sarden, dan troat terbukti memiliki efek protektif terhadap beberapa jenis kanker.
  • Teh Hijau : Kandungan senyawa antioksidan yang terdapat pada teh hijau disebut katekin, dimana katekin ini telah terbukti mampu membantu mengurangi resiko terkena kanker, seperti kanker payudara, prostat, dan usus.
  • Bawang Putih : Kandungan senyawa sulfur yang terdapat pada bawang putih juga mampu mengurangi gejala kanker karena potensi anti-kanker dan anti-inflamasi mereka
  • Tomat : Tomat merupakan buah yang mengandung likopen, pigmen merah yang alami. Terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker, terutama kanker prostat.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman ini, menjaga gaya hidup tetap sehat juga merupakan faktor penting, seperti olahraga teratur, menjaga berat badan, tidak merokok serta menghindari minum alkohol dapat membantu anda menguragi resiko terkena kanker.